Monday, February 25, 2013

Klasifikasi Berbagai Kecemasan

1. Generalized Anxiety Disorder

Penyakit kronis yang biasa terjadi pada orang yang mengalami gangguan kecemasan yang ditandai dengan tidak fokusnya terhadap suatu keadaan atau objek. Penderita penyakit ini biasanya mengalami kecemasan yang berlebih dalam melakukan kegiatan di kehidupan sehari-hari. Penyakit ini juga biasanya ditemui pada orang yang sudah dewasa atau lanjut usia.

2. Phobia

Penyakit ketakutan atau kecemasan yang sering terjadi adalah fobia, hal ini terjadi jika seseorang dipancing dengan suatu keadaan tertentu yang dapat membuat orang tersebut menjadi tidak nyaman, terdapat sekitar 5% sampai 12% orang di seluruh dunia yang mengalami fobia

3. Panic Disorder

Dalam masalah ini, penderita dapat merasakan rasa ketakutan dan serangan ketakutan yang sering ditandai dengan mengigil, pusing, bergetar, dan kesulitan dalam bernapas. Penyakit ini di artikan oleh APA sebagai ketakutan atau rasa tidak nyaman yang timbul dan memuncak kurang dari 10 menit, namun efek dari kepanikan ini dapat berlangsung sekitar satu jam atau lebih yang ditimbulkan oleh stres, ketakutan, atau bahkan olahraga dan tidak ada penyebab yang pasti.

4. Agoraphobia

Agorafobia adalah penyakit kecemasan dimana penderita merasakan keadaan yang dapat mempermalukan dia dan sulit untuk mendapatkan pertolongan, agorafobia ini juga sering dikaitkan dengan panic disorder. Contoh dari fobia ini adalah ketika saat menyetir, penderita sering sekali merasakan kecemasan sehingga penderita dilarang untuk menyetir karena jika sedang kambuh dapat menyebabkan kecelakaan yang berakibat bagi orang disekitarnya dan dirinya sendiri.

5. Social Anxiety Disorder

Ciri-ciri dari penyakit ini adalah, menghindari berada di tempat publik dan interaksi sosial. Kejadian yang paling sering terjadi adalah ketika berbicara di depan umum dan interaksi sosial, hal ini ditandai seperti berkeringat, dan gagap saat berbicara di depan umum atau dengan orang lain. Untuk kasus yang lebih parah, orang yang mengalam ganguan ini akan mengisolasi dirinya.

6. Obsessive-Compulsive Disorder

Ganguan kecemasan ini sering ditandai dengan obesei yang berlebih seperti pikiran yang menyedihkan, rasa gigih dan membayangkan suatu gambar tertentu.

7. Post-Traumatic Stress Disorder

Gnaguan kecemasan ini ditimbulkan dari trauma yang pernah dirasakan oleh penderita seperti pemerkosaan, perang, bencana alam dan penculikan serta bullying. Gangguan ini hanya dapat disembuhkan melalui terapi jangka panjang dan dukungan dari keluarga serta kerabat.

8. Separation Anxiety

Gangguan ini disebabkan oleh perasaan takut karna merasa akan dipisahkan dari orang lain atau merasa terpisah dari suatu tempat. Gangguan ini sering dirasakan oleh bayi maupun anak kecil, namun jika melalui proses yang salah, dapat menyebabkan fobia.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment